Tips Sukses Mencar Ilmu Cara Menjual Barang Secara Online

strategi pemamasukan online. Selamat membaca.



Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mensukseskan penjualan barang secara online di internet dengan banyak sekali cara atau metode penjualan yang bermacam-macam pula. Kabar baiknya, hampir seluruh media yang ada di internet bisa kita gunakan berpomosi secara gratis. Sebagai pola Anda bisa memakai media umum mirip Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google atau bisa juga memanfaatkan lembaga online sebagai media promosi online secara gratis.

Selain media umum dan forum, masih banyak media atau daerah lain yang juga bisa dipakai untuk mempromosikan barang yang ingin Anda jual, mirip contohnya :


Itu untuk medianya, sementara untuk metode atau cara promosi online ada banyak juga, sebagai pola yang paling terkenal dan banyak dipakai para internet marketer untuk menjual produk mereka secara simpel dan cepat ialah dengan metode cross selling, yaitu sebuah metode menjual produk dua sekaligus dengan cara memperlihatkan produk lain yang berkaitan dengan produk utama.

Jadi, bisa diambil kesimpulan sementara bahwa tips sukses cara menjual barang secara online ialah dengan menentukan daerah / media promosi yang tepat dan memakai metode menjual yang tepat pula.

Dan tentunya kunci sukses menjual barang secara online tidak cukup dengan kedua hal tersebut, dimana kita juga butuh apa yang dinamakan Riset Produk, Riset Persaingan, SEO dan SMO, alasannya tanpa riset, promosi dan meningkatkan secara optimal maka bisnis online kita bisa dibilang tidak akan bisa bersaing dengan para kompetitor.

Namun Anda tak perlu khawatir alasannya di artikel saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara melaksanakan itu tiruana, mulai dari riset produk & persaingan serta cara SEO & SMO toko online.

Baik, eksklusif saja diberikut ialah tahapan dalam berguru cara menjual barang secara online semoga produk yang dijual bisa laku bagus dan terjual hingga habis.

Baca Juga
Tips Sukses Belajar Teknik Menjual Barang Secara Online Tips Sukses Belajar Teknik Menjual Barang Secara OnlineTips Sukses Bisnis Toko Online

Pelajari diam-diam bagaimana cara mengoptimalkan toko online, baik dari segi Fitur, Tampilan maupun SEO.

anda bisa eksklusif membaca tips tahap 2, jikalau anda sudah mempunyai / menentukan barang yang akan dijual.

Tahap 1 : Penentuan Produk


Riset Produk


Ada banyak cara yang bisa kita gunakan, dalam melaksanakan riset barang atau produk, salah satu contohnya ialah memakai menolongan Tool dari Google. Yap, yang saya maksud ialah dengan Adwords Keyword Planner, sebuah tool online gratis dari Google yang akan menampilkan jumlah pencarian sebuah kata kunci atau dalam hal ini ialah produk / barang dalam rentang waktu 1 bulan.

Sederhananya, Adwords Keyword Planner akan memmenolong kita dalam menentukan produk apa yang laku di pamasukan, alasannya mirip yang saya kataka diatas, tool ini bisa menampilkan jumlah pencarian suatu produk / barang.

Jika Anda ingin memakai Adwords Keyword Planner bergotong-royong tidak terlalu susah, alasannya spesialuntuk perlu mengunjungi situs Google Adwords, kemudian menentukan silahkan pilih tool Keyword Planner untuk menggunakannya. Untuk tutorial lebih jelasnya (disertai gambar tahap demi tahap) silahkan pelajari disini Teknik Riset Kata Kunci.

Riset Persaingan


Sesudah menentukan produk / barang apa yang akan Anda jual, kini saatnya mencari tahu berapa jumlah persaingan dari produk yang ingin Anda jual tersebut, fungsinya antara lain ialah untuk menyiapkan budget untuk marketing, alasannya semakin tinggi persaingan tentu akan semakin besar pula budget yang harus dikeluarkan, baik untuk promosi (SMO) maupun meningkatkan secara optimal (SEO).

Nah, lantas bagaimana cara mencari tahu jumlah persaingan pada sebuah produk ? Lagi-lagi kita akan memakai menolongan Google dan tool yang akan kita gunakan kali ini ialah Google Search. Untuk langkah-langkahnya kurang lebih mirip ini.

  1. Buka https://www.google.com


    Jika, halaman Google sudah terbuka, selanjutnya masukkan nama / jenis produk yang Anda jual, kemudian menambahkan kata jual, jadi formatnya mirip ini 'jual + produk'. Sebagai pola disini saya menjual meja laptop protable dan ingin mencari tahu jumlah persaingannya, maka di Google saya ketikkan 'jual meja laptop protable'.

  2. Ubah start=10 menjadi start=990


    Untuk mengetahui berapa jumlah persaingan yang sesungguhnya, kita perlu mengubah url pada hasil pencarian Google, alasannya jikalau dilihat dari hasil pencarian 'About 326,000 results' jumlah tersebut bukanlah jumlah persaingan yang sebenarnya, maka kita perlu mengubah urlnya dari start=10 menjadi 990.

Sesudah mengetahui jumlah persaingan, lantas apa yang harus kita lakukan ? tentunya kita harus melaksanakan optimalisasi dari segi SEO maupun SMO, yang nanti akan kita bahas pada tahap 2.

Riset Nama Toko Online


Untuk nama toko online ada dua jenis pilihan nama yang bisa Anda guanakan, yang pertama ialah memakai nama Brand dan yang kedua ialah EMD (Exact Match Domain). Keduanya mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya masing-masing.

EMD megampangkan Anda dalam mendapat ranking 1 di Google, namun tidak mempersembahkan loyalitas pada pengunjung.
Brand akan mningkatkan loyalitas pengujung, namun belum sempurnanyanya akan lebih susah bersaing di SERP.

Jika Anda seoarang dropshipper atau reseller, maka EMD ialah pilihan yang tepat, namun jikalau Anda ialah seorang pebisnis, pengusaha atau wirausaha yang membuat produk sendiri, maka domain dengan nama Brand ialah pilihan terbaik untuk nama toko online Anda.

Tahap 2 : Optimalisasi Toko Online


SEO


Saya yakin sebagian dari Anda, khususnya para Blogger atau IMer, tentu sudah sangat paham tentang apa itu SEO, bukan ? yap, SEO ialah abreviasi dari Search Engine Optimazation atau jikalau diterjemahkan secara harfiah artinya ialah Optimalisasi Mesin Pencari, sebuah metode yang dipakai untuk mencapai ranking 1 di Google.

Jika Toko Online diibaratkan tanaman, maka SEO ini menyerupai pupuk, yang akan menyuburkannya, jadi bisa dibilang Toko Online tanpa SEO itu 90% akan mati (baca: sepi).

Pertanyaannya, bagaimana cara seo toko online ? apakah seo toko online sama dengan cara seo blog pada umumnya ? kalau berdasarkan saya pribadi, ada beberapa perbedaan dari SEO Blog dan SEO Toko Online, jikalau SEO Blog dikatakan bahwa Content is King, maka untuk SEO Toko Online tidak berlaku mirip itu, alasannya King pada SEO Toko Online ialah Backlink bukan Content.

Sementara untuk cara mendapat backlink, tidak akan saya jelaskan lagi, alasannya Anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya tentang Teknik Mendapatkan Backlink Berkualitas atau bisa juga Download Ebook Belajar SEO Otodidak yang saya bagikan secara gratis beberapa hari yang lalu.

SMO


SMO (Social Media Optimization) ialah metode mengoptimalkan media umum untuk menarikdanunik pengunjung ke situs kita atau dalam hal ini ialah web toko online kita. Sebenarnya, SEO & SMO sangat berkaitan erat, artinya SMO secara tidak eksklusif juga bisa meningkatkan SEO, alasannya dalam dunia SEO juga dikenal istilah Social Signal, dan untuk meningkatkan Social Signal diharapkan SMO atau metode optimalsiasi media sosial.

Jika dilihat dari segi manfaat, selain untuk menhadirkan pengunjung ke toko online kita, SMO juga mempunyai fungsi lain, mirip :

  • Megampangkan pengenalan produk baru
  • Meningkatkan popularitas brand
  • Mencari feedback dari konsumen
  • Meningkatkan kepercayaan

Saat ini ada 3 situs media umum besar yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan online dan social signal pada SEO, yaitu Facebook, Twitter dan Google+.

Dari ketiga media umum tersebut, saya pribadi lebih sering memakai Facebook untuk mempromosikan produk, alasannya sederhana, selain alasannya banyaknya jumlah pengguna Facebook, alasan lain alasannya Facebook seolah benar-benar mempersembahkan kemudahan kepada paa penjual online yang ingin menjual barang dagangannya di media umum ini.

Fasilitas yang saya maksud ialah Facebook Fanpage dan Facebook Store, kabar baiknya, kedua fitur ini bisa Anda dapatkan secara gratis, spesialuntuk saja untuk Facebook Store kita memerlukan menolongan pihak ketiga untuk menciptakannya.

Tahap 3 : Mindset


Inovasi dan Kreasi


Tidak selamanya bisnis berjalan lancar adakalanya penjualan menurun, pada titik inilah diharapkan inovasi, baik dari produk (jasa / barang) yang Anda jual, maupun dari segi penjualan atau pemamasukan (marketing).

Dalam bisnis ada saatnya kita harus berhenti sejenak untuk melihat celah mana yang harus dilewati.

Stay Foolish And Keep Hungry For Success


Kata ide ini ialah kunci sukses bisnis dari almarhum Steve Job, yang jikalau diterjemahkan kurang lebih sebagai diberikut 'tetap semangat untuk selalu 'haus' dalam mencapai kesuksesan'. Makna dari kata tersebut bergotong-royong mengajarkan kita untuk tidak cepat puas dan tidakboleh sekali-kali merasa hebat, alasannya dari situlah sumber kegagalan.

Terus Mencoba dan Pantang Menyerah


Dalam bisnis kegagalan ialah hal yang biasa dan wajar, jadikan kegagalan pelajaran yang berharga dan tidakboleh hingga kegagalan membuat Anda berhenti dan menyerah, coba dan coba lagi, hingga kegagalan tersebut lelah untuk hadir kembali.

Integritas


Ada satu hal yang bisa meruntuhkan kesuksesa dalam sekejap yaitu Integritas. Jadi, tak heran jikalau banyak orang yang menyampaikan bahwa integritas itu mahal harganya, dan itu benar adanya.



Itulah, Tips Sukses Belajar Teknik Menjual Barang Secara Online yang bisa saya baikan kepada Anda, jikalau disimpulkan maka cara untuk bisa bertahan dalam bisnis atau perjuangan ialah dengan menentukan produk dan cara promosi yang tepat serta selalu berusaha membuat penemuan dan menjaga integritas.
0 Komentar untuk "Tips Sukses Mencar Ilmu Cara Menjual Barang Secara Online"

Back To Top