Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk tersebut menyediakan layanan gratis atau dengan kata lain kita bisa menggunakan produk-produk dari Google tersebut tanpa harus mengeluarkan uang.
 
Produk gratis dari Google inilah yang juga sering saya gunakan untuk memmenolong saya dalam meterbaikkan SEO blog. Kaprikornus Anda sendiri sebetulnya bisa meningkatkan seo blog tanpa harus memesan jasa seo, namun tentunya harus ada waktu dan tenaga yang Anda korbankan.
 
Mengingat belum banyak yang tahu wacana apa saja produk yang dimiliki Google untuk meterbaikkan SEO, maka melalui artikel ini saya akan mencoba membuktikan banyak sekali macam produk Google yang bisa kita manfaatkan untuk meterbaikkan SEO blog / website dan tentunya tiruana ini gratis.
 
Secara garis besar akan ada 6 produk yang nanti kita gunakan untuk meterbaikkan seo blog, keenam produk tersebut diantaranya ialah :
 
 
Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu terkena apa saja fungsi dari kelima produk atau bisa juga Anda sebut sebagai tool dari Google diatas.
 
 
  
AdWords KeywordPlanner ialah tool yang pertamanya dibentuk Google untuk para pemain AdWords (layanan periklanan Google), namun kini siapa saja bisa mengunakannya untuk melaksanakan riset kata kunci dan untuk mengetahui berapa jumlah pencarian kata kunci tersebut dalam 1 tahun terakhir.
 
Fitur yang ada pada AdWords Keyword Planner cukup banyak, bahkan kini Google menambahkan fitur Display Planner untuk melaksanakan riset keyword menurut pencarian video (youtube dan google search) tool ini sebetulnya hasil transformasi dari tool sebelumnya yang berjulukan Youtube Keyword Tool.
 
Teknik menggunakan Google Adwords Keyword Planner / Display Planner tidaklah terlalu susah, Anda spesialuntuk perlu mengunjungi situs Google AdWords: Keyword Planner kemudian pilih 'search for keyword' dan selanjutnya masukkan kata kunci yang Anda inginkan.
 
  
 
 
 
  
Mengintegrasikan blog dengan Google Analytic akan memmenolong kita dalam mengamati blog, mirip misalnya melihat asal pengunjung, total kunjungan (per hari / mingug / bulan), asal negara pengunjung, jenis browser pengunjung dan kita juga bisa melihat keyword yang menjadi sumber trafik.
 
Fitur lain dari Google Analytic yang menjadi andalan saya ialah fitur untuk melihat artikel terakhir apa yang dibaca oleh pengunjung dan rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel tersebur, informasi atau data yang didiberikan oleh Gooogle Analytic ini sangat memmenolong saya dalam menganalisa apakah artikel yang saya buat sudah bisa menarikdanunik minat pembaca atau belum.
 
Intinya, Google Analytic bisa kita gunakan untuk menganalisa atau melihat banyak sekali macam aktifitas dari blog yang terintegrasi olehnya. Untuk para SEOer kita juga bisa melihat keyword yang masuk ke blog dan juga melihat halaman mana saja pada blog kita yang paling banyak mendapat kunjungan.
 
 
 
 
  
Search Console (sebelumnya berjulukan webmaster tool) ialah tool yang dikembangkan Google untuk para webmaster atau para pemilik blog yang ingin meterbaikkan seo blog mereka. Ya, tool ini memang dibentuk khusus untuk para bloger.
 
Beberapa fitur yang terdapat pada tool Google Search Console ialah :
 
 
Untuk menggunakan banyak sekali fitur tersebut Anda harus mendaftarkan blog ke Google Search Console dan memverifikasi kepemilikan blog Anda dengan cara memasang arahan meta tag yang didiberikan oleh Google ke dalam template blog.
 
Ohya, ada satu lagi fitur yang saya yakin sangat disukai oleh para blogger atau para praktisi SEO pada khususnya, yaitu fitur Fetch as Google yang akan memmenolong proses pengindexan artikel blog menjadi jauh lebih cepat. Fitur ini bisa Anda susukan melalui Google Searcj Console > Crawl > Fetch as Google.
 
 
 
 
  
Dalam SEO ialah istilah Social Signal atau faktor yang menghipnotis ranking blog pada hasil pencarian yang didasarkan jumlah artikel tersebut dibagikan melalui media umum mirip Google Plus, Facebook dan Twitter.
 
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Moz, dari sekian banyak media umum yang ada, Google Plus ialah media umum yang mempunyai efek tertinggi dalam hal pengoptimalan blog, dengan kata lain kita bisa menyampaikan bahwa Google Plus raja social signal.
 
Ada satu trik khusus yang mungkin sudah banyak yang tau, trik ini sangat mempunyai kegunaan untuk meterbaikkan SEO blog dengan menolongn akun Google Plus, caranya ialah dengan memasukkan link ke dalam halaman About atau tepatnya pada form Introduction, link yang Anda sanggup sifatnya ialah DoFollow, jadi link tersebut akan terindex Google dan sangat bermanfaa meningkatkan posisi blog di SERP.
 
Efek ini spesialuntuk berlaku bila Anda mempunyai akun Google+ yang populer atau mempunyai banyak follower, bila belum tau caranya silahkan pelajari Teknik Menambah Followers Google Plus.
 
 
 
 
  
Satu lagi produk Google yang gratis namun mempunyai manfaat yang sangat fantastis, yap produk yang saya maksud ialah Google Trends. Sesuai namanya, tool gratisan dari Google ini akan menampilkan informasi terkena tren terkini yang terjadi di (hampir) seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
 
Jika kita membuka halaman utama Google Trends, maka akan ada 3 kolom yang terdiri dari :
 
 
melaluiataubersamaini Google Trends kita juga bisa melaksanakan riset kata kunci berdasar tahun, jadi tidak mirip AdWords Keyword Planner yang spesialuntuk menampilkan statistik pencarian 12 bulan terakhir, dengan Google Trends kita bisa melaksanakan lebih dari itu, bahkan kita juga bisa melihat statistik pencarian di tahun 2004 - sekarang.
 
Untuk mengetahui lebih dalam terkena apa saja yang bisa dilakukan di Google Trends, silahkan baca selengkapnya melalui artikel Mencari Keyword Populer di Google Trends.
 
 
 
 
  
Google Search ialah salah satu produk Google yang dipakai hampir seluruh pengguna internet, namun akungnya belum banyak yang tau cara meterbaikkan penerapan Google Search, ibaratnya kita spesialuntuk menggunakan namun tidak memahaminya secara penuh.
 
Ada fitur menarikdanunik dari Google Search yang mungkin belum banyak yang tau fitur tersebut Google Search Operator atau ada juga yang menyebutnya Google.
 
Inti dari fitur tersebut ialah untuk meterbaikkan hasil pencarian yang kita lakukan menjadi lebih spesifik dan mencari informasi yang mungkin tidak ditampilkan secara default, mirip misalnya pengguna search operator link:namasitusdotcom maka hasil pencarian akan menampilkan link yang mengarah ke situs namasitusdotcom tersebut.
 
  
 
Search Operator lain yang juga sering saya gunakan ialah penerapan simbol bintang (*) dan menyisipkannya di tengah-tengah kata, risikonya akan tercipta riset keyword yang sangat tepat yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan di tool manapun.
 
Masih banyak search operator lain yang selengkapnya bisa Anda baca disini 6 Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google.
 
Teknik Meterbaikkan SEO Blog dengan menggunakan banyak sekali produk Google ini sebetulnya akan memakan banyak waktu Anda, tapi saya yakin risikonya juga akan terbaik.
Produk gratis dari Google inilah yang juga sering saya gunakan untuk memmenolong saya dalam meterbaikkan SEO blog. Kaprikornus Anda sendiri sebetulnya bisa meningkatkan seo blog tanpa harus memesan jasa seo, namun tentunya harus ada waktu dan tenaga yang Anda korbankan.
Mengingat belum banyak yang tahu wacana apa saja produk yang dimiliki Google untuk meterbaikkan SEO, maka melalui artikel ini saya akan mencoba membuktikan banyak sekali macam produk Google yang bisa kita manfaatkan untuk meterbaikkan SEO blog / website dan tentunya tiruana ini gratis.
Secara garis besar akan ada 6 produk yang nanti kita gunakan untuk meterbaikkan seo blog, keenam produk tersebut diantaranya ialah :
- Google AdWords Keyword Planner
- Google Analytic
- Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster)
- Google Plus
- Google Trends
- Google Search + Google Suggest
Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu terkena apa saja fungsi dari kelima produk atau bisa juga Anda sebut sebagai tool dari Google diatas.
1. Google AdWords Keyword Planner
AdWords KeywordPlanner ialah tool yang pertamanya dibentuk Google untuk para pemain AdWords (layanan periklanan Google), namun kini siapa saja bisa mengunakannya untuk melaksanakan riset kata kunci dan untuk mengetahui berapa jumlah pencarian kata kunci tersebut dalam 1 tahun terakhir.
Fitur yang ada pada AdWords Keyword Planner cukup banyak, bahkan kini Google menambahkan fitur Display Planner untuk melaksanakan riset keyword menurut pencarian video (youtube dan google search) tool ini sebetulnya hasil transformasi dari tool sebelumnya yang berjulukan Youtube Keyword Tool.
Teknik menggunakan Google Adwords Keyword Planner / Display Planner tidaklah terlalu susah, Anda spesialuntuk perlu mengunjungi situs Google AdWords: Keyword Planner kemudian pilih 'search for keyword' dan selanjutnya masukkan kata kunci yang Anda inginkan.
2. Google Analytic
Mengintegrasikan blog dengan Google Analytic akan memmenolong kita dalam mengamati blog, mirip misalnya melihat asal pengunjung, total kunjungan (per hari / mingug / bulan), asal negara pengunjung, jenis browser pengunjung dan kita juga bisa melihat keyword yang menjadi sumber trafik.
Fitur lain dari Google Analytic yang menjadi andalan saya ialah fitur untuk melihat artikel terakhir apa yang dibaca oleh pengunjung dan rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel tersebur, informasi atau data yang didiberikan oleh Gooogle Analytic ini sangat memmenolong saya dalam menganalisa apakah artikel yang saya buat sudah bisa menarikdanunik minat pembaca atau belum.
Intinya, Google Analytic bisa kita gunakan untuk menganalisa atau melihat banyak sekali macam aktifitas dari blog yang terintegrasi olehnya. Untuk para SEOer kita juga bisa melihat keyword yang masuk ke blog dan juga melihat halaman mana saja pada blog kita yang paling banyak mendapat kunjungan.
3. Google Search Console
Search Console (sebelumnya berjulukan webmaster tool) ialah tool yang dikembangkan Google untuk para webmaster atau para pemilik blog yang ingin meterbaikkan seo blog mereka. Ya, tool ini memang dibentuk khusus untuk para bloger.
Beberapa fitur yang terdapat pada tool Google Search Console ialah :
- Melihat jumlah dan asal backlink (inbound link)
- Informasi kata kunci pada blog beserta peringkatnya di Google (search queries)
- Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada blog (crawl error)
Untuk menggunakan banyak sekali fitur tersebut Anda harus mendaftarkan blog ke Google Search Console dan memverifikasi kepemilikan blog Anda dengan cara memasang arahan meta tag yang didiberikan oleh Google ke dalam template blog.
Ohya, ada satu lagi fitur yang saya yakin sangat disukai oleh para blogger atau para praktisi SEO pada khususnya, yaitu fitur Fetch as Google yang akan memmenolong proses pengindexan artikel blog menjadi jauh lebih cepat. Fitur ini bisa Anda susukan melalui Google Searcj Console > Crawl > Fetch as Google.
4. Google Plus
Dalam SEO ialah istilah Social Signal atau faktor yang menghipnotis ranking blog pada hasil pencarian yang didasarkan jumlah artikel tersebut dibagikan melalui media umum mirip Google Plus, Facebook dan Twitter.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Moz, dari sekian banyak media umum yang ada, Google Plus ialah media umum yang mempunyai efek tertinggi dalam hal pengoptimalan blog, dengan kata lain kita bisa menyampaikan bahwa Google Plus raja social signal.
Ada satu trik khusus yang mungkin sudah banyak yang tau, trik ini sangat mempunyai kegunaan untuk meterbaikkan SEO blog dengan menolongn akun Google Plus, caranya ialah dengan memasukkan link ke dalam halaman About atau tepatnya pada form Introduction, link yang Anda sanggup sifatnya ialah DoFollow, jadi link tersebut akan terindex Google dan sangat bermanfaa meningkatkan posisi blog di SERP.
Efek ini spesialuntuk berlaku bila Anda mempunyai akun Google+ yang populer atau mempunyai banyak follower, bila belum tau caranya silahkan pelajari Teknik Menambah Followers Google Plus.
5. Google Trends
Satu lagi produk Google yang gratis namun mempunyai manfaat yang sangat fantastis, yap produk yang saya maksud ialah Google Trends. Sesuai namanya, tool gratisan dari Google ini akan menampilkan informasi terkena tren terkini yang terjadi di (hampir) seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Jika kita membuka halaman utama Google Trends, maka akan ada 3 kolom yang terdiri dari :
- kolom 1. Sedang Tren = Informasi diberita apa yang sedang tren ketika ini
- kolom 2. Bagan 2014 = Informasi terkena mengembangkan hal yang menjadi tren di tahun 2014
- kolom 3. Jelajahi Secara Mendalam = Mencari informasi wacana suatu istilah
melaluiataubersamaini Google Trends kita juga bisa melaksanakan riset kata kunci berdasar tahun, jadi tidak mirip AdWords Keyword Planner yang spesialuntuk menampilkan statistik pencarian 12 bulan terakhir, dengan Google Trends kita bisa melaksanakan lebih dari itu, bahkan kita juga bisa melihat statistik pencarian di tahun 2004 - sekarang.
Untuk mengetahui lebih dalam terkena apa saja yang bisa dilakukan di Google Trends, silahkan baca selengkapnya melalui artikel Mencari Keyword Populer di Google Trends.
6. Google Search
Google Search ialah salah satu produk Google yang dipakai hampir seluruh pengguna internet, namun akungnya belum banyak yang tau cara meterbaikkan penerapan Google Search, ibaratnya kita spesialuntuk menggunakan namun tidak memahaminya secara penuh.
Ada fitur menarikdanunik dari Google Search yang mungkin belum banyak yang tau fitur tersebut Google Search Operator atau ada juga yang menyebutnya Google.
Inti dari fitur tersebut ialah untuk meterbaikkan hasil pencarian yang kita lakukan menjadi lebih spesifik dan mencari informasi yang mungkin tidak ditampilkan secara default, mirip misalnya pengguna search operator link:namasitusdotcom maka hasil pencarian akan menampilkan link yang mengarah ke situs namasitusdotcom tersebut.
| Syntax | misal | 
| "link:url" | "link:www.google.com" | 
Search Operator lain yang juga sering saya gunakan ialah penerapan simbol bintang (*) dan menyisipkannya di tengah-tengah kata, risikonya akan tercipta riset keyword yang sangat tepat yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan di tool manapun.
Masih banyak search operator lain yang selengkapnya bisa Anda baca disini 6 Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google.
Teknik Meterbaikkan SEO Blog dengan menggunakan banyak sekali produk Google ini sebetulnya akan memakan banyak waktu Anda, tapi saya yakin risikonya juga akan terbaik.
Tag :
SEO Tips






 
0 Komentar untuk "Memaksimalkan Seo Blog Dengan Banyak Sekali Produk Google"