Artikel ini bergotong-royong dikhususkan untuk para blogger pemula yang gres buat blog dan untuk mereka yang masih awam wacana SEO, alasannya yaitu isi dari artikel taktik SEO ini sangatlah sederhana alias Dasar SEO saja, namun dasar inilah yang bergotong-royong menjadi pondasi biar kelak blog yang dibentuk bisa merajai Top Ranking 1 Google.
Saya rasa cukup basa-basinya, takutnya malah pada kabur sebelum baca isinya.
Sesuai judul diatas, setidaknya ada 10 taktik SEO yang harus dilakukan oleh para blogger yang gres membuat blog. Kesepuluh taktik SEO yang saya maksud tersebut terdiri dari 4 Strategi Teknik SEO On-Page dan 3 Strategi Teknik SEO Off-Page.
Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada tabel dibawah ini.
| Teknik SEO On-Page | Teknik SEO Off-Page | 
|---|---|
| Membuat Konten Dapat Terindex | Mencari Backlink | 
| Menghubungkan Tiap Halaman | Mempromosikan Artikel di Media Sosial | 
| Memasukkan Kata Kunci Dalam Artikel | Mensubmit Blog di Situs Article Directory | 
| Menggunakan H1, H2, H3 | Mengadakan Kontes SEO | 
| Menambahkan Meta Tag | |
| Menghindari Duplicate Content | |
Itulah citra singkat wacana taktik SEO yang akan kita pelajari di artikel ini. Selanjutnya mari kita bahas lebih mendalam dari masing-masing poin penting dalam tiap Teknik SEO diatas.
Strategi SEO On-Page
1. Membuat Konten Dapat Terindex
Masalah yang sering dihadapi oleh blog gres yaitu susah / lamanya blog tersebut terindex oleh Google. Jika blog Anda mengalami masalah serupa, maka kemungkinan ada tiga masalahnya :
- Konten yang terlalu sedikit
- Konten spesialuntuk meliputi flash
Untuk masalah pertama solusinya sangat sederhana yaitu Anda spesialuntuk perlu memperbanyak jumlah kata, sementara untuk permasalahan kedua, selain menambahkan beberapa kata, sebaiknya hindari juga penerapan flash tersebut, alasannya yaitu tidak bisa terindex Google dan spesialuntuk menambah berat load blog.
Hal ini bergotong-royong juga berlaku untuk Gambar, dimana Google tidak bisa membaca sebuah gambar, kalau Anda belum memasukkan alt dan title tag pada gambar tersebut, selengkapnya bisa Anda baca dan pelajari disini Teknik SEO Gambar.
Dan untuk memastikan seluruh konten yang ada pada Blog Anda sanggup teindex baik oleh Google, caranya cukup sederhana, yaitu Anda bisa memakai browser khusus namanya SEO-Browser. Lebih jelasnya silahkan install, kemudian coba kunjungi situs Anda sendiri.
2. Menghubungkan Tiap Halaman
Ada baiknya Anda menghubungkan tiap halaman dengan link. Hal ini bertujuan biar ketika Google Spider mengunjungi (katakanlah) halaman A, maka ia tidak berhenti di halaman A saja, namun dilanjut ke halaman B, C dan seterusnya sesuai dengan link yang Anda masukan.
Namun kalau halaman A, sama sekali tidak mempunyai link yang mengarah ke halaman lain, maka bisa dipastikan Google Spider spesialuntuk akan berhenti di halaman A.
Ada dua cara menghubungkan tiap halaman yang saling berkaitan, yaitu dengan membuat widget Artikel Terkait atau bisa juga dengan menambahkan link secara Manual.
Kedua hal tersebut bukanlah pilihan, artinya Anda boleh menerapkan keduanya, memasang widget Artikel Terkait dan menambahkan link ke dalam Artikel (manual).
3. Memasukkan Kata Kunci Dalam Artikel
Kata kunci atau keyword ialah bab penting dalam SEO On-Page. Dalam kasus ini blog gres yang notabenya belum mempunyai banyak artikel, sudah niscaya tidak mempunyai banyak keyword yang bisa ditangkap.
Tugas Anda untuk para pemilik blog gres yaitu menambahkan LSI Keyword ke dalam setiap artikel yang Anda buat. Apa itu LSI Keyword ? silahkan baca klarifikasi lengkapt wacana LSI Keyword di artikel ini Pengertian LSI Keyword bukan spesialuntuk klarifikasi wacana definis LSI Keyword namun juga saya diberikan pula cara mencari LSI Keyword dengan gampang.
Sesudah Anda mendapat list atau daftar LSI Keyword, yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu menempatkan masing-masing keyword pada tempatnya. Tempat meletakkan keyword rekomendasi saya yaitu :
- Di pertama paragraf
- Di bab isi artikel
- Di paragraf akhir
Penempatan keyword pada pertama paragraf tidak harus pada kalimat pertama, sebagai referensi pada artikel ini saya menempatkannya di tengah kalimat pertama paragraf.
4. Menggunakan H1, H2, H3
Untuk Anda yang belum tahu Apa itu H1, H2, H3, diberikut saya diberikan penjelasannya secara singkat. H1...H6 yaitu elemen HTML yang dipakai untuk menambahkan Heading.
Elemen HTML inilah yang (mungkin) dipakai oleh Google untuk memilih topik dari suatu artikel blog. Makara kalau dalam 1 halaman artikel tidak mengandung Heading 1 (H1) maka besar kemungkinan blog tersebut akan susah meranking suatu keyword.
Yang tak kalah penting yaitu penerapan H2 dan H3, alasannya yaitu bukan spesialuntuk akan memmenolong / megampangkan pengunjung memamahami artikel Anda, namun juga bisa meningkatkan SEO On-Page blog.
Agar lebih mudah memahaminya, akan saya diberikan referensi pengimplementasian tag H1, H2 dan H3 di dalam artikel. Kita ambil referensi akan membuat artikel berjudul "Belajar SEO" maka penerapan headingnya yaitu ibarat ini :
Belajar SEO H1
......
Tool Meningkatkan SEO H2
......
Tool SEO ON-Page H3
Tool SEO OFF-Page H3
......
melaluiataubersamaini menerapkan taktik SEO pada heading tag ibarat referensi diatas, saya yakin akan semakin megampangkan pengunjung dalam memahami setiap artikel yang Anda tulis dan pada kesannya juga akan meningkatkan Bounce Rate.
5. Menambahkan Meta Tag
Sebagian pakar SEO menagatakan bahwa Meta Tag itu taktik SEO kuno. Ya, saya akui memang kuno dan Google juga sudah mengkonfirmasi bahwa tidak lagi memasukkan Meta Tag Keyword ke dalam Google Ranking Factor (bukan ialah Faktor SEO On-Page).
Namun perlu diketahui bahwa penerapan meta tag yang saya maksudkan di artikel ini bukanlah meta tag keyword, melainkan meta tag description.
Meta Tag Description (sampai ketika ini) masih dipakai Google untuk menampilkan cuplikan pada hasil pencarian mereka.
Semakin menarikdanunik meta tag description yang Anda buat, maka semakin besar pula peluang artikel tersebut diklik. Untuk membuat meta description yang menarikdanunik, caranyaa dalah dengan membuat orang penamasukan, contohnya "bukan problem susah untuk mendapat ranking 1 di Google, yang perlu Anda lakukan spesialuntuklah menerapkan ..."
Sebenarnya tidak ada batasan dalam menambahkan meta description, namun perlu diketahui bahwa ada batasan jumlah yang bisa ditampilkan pada hasil pencarian Google, yaitu maksimum 160 karakter.
6. Menghindari Duplicate Content
Google tidak akan mempersembahkan penalty pada blog Anda spesialuntuk alasannya yaitu adanya duplicate content dan hal ini sudah dikonfirmasi pribadi oleh Matt Cutt dan juga sudah dijelaskan oleh SearchEngineLand pada artikel mereka yang berjudul Google’s Matt Cutts: Duplicate Content Won’t Hurt You, Unless It Is Spammy.
Meski demikian Anda tetap harus menghindari terjadinya duplicate content, alasannya yaitu bisa memicu penurunan ranking blog kalau hal tersebut dilakukan dengan tujuan SPAM.
Sebelumnya saya jelaskan doloe apa itu duplicate content. Sesuai namanya Duplicate content yaitu adanya dua artikel atau lebih dengan isi artikel yang nyaris sama.
Jadi, untuk Anda yang gres buat blog gres dan artikelnya masih sedikit, dan kalau ada niatan untuk membuat artikel baru, sebaiknya dicek terlebih lampau apakah ada artikel usang yang berkaitan, kalau ada maka tidak perlu membuat artikel gres melainkan cukup update saja artikel usang tersebut.
Tetapi kalau Anda tetap ingin membuat artikel / postingan baru, namun tidak ingin terjadi duplicate content, maka cukup menambahkan Canonical Tag dengan arahan ibarat dibawah ini :
 Canonical tag
  <link rel="canonical" href="url artikel lama"/>
 Tag diatas akan memdiberitahukan mesin pancari bahwa artikel terrsebut mempunyai kesamaan dengan artikel yang Anda buat sebelumnya. Makara ketika Google akan meranking halaman Anda, maka Google akan menempatkan "artikel lama" pada urutan yang jauh lebih baik dibanding artikel "artikel baru" yang mempunyai kesamaan isi tersebut.
Strategi SEO Off-Page
1. Mencari Backlink
Backlink ialah bab penting dalam SEO Off-Page. Namun akungnya tidak banyak yang tahu bagaimana cara mendapat backlink yang berkarakter untuk blognya. Hal ini pulalah yang menimbulkan sebuah blog susah untuk bersaing di SERP.
Sekarang yang menjadi pertanyaan yaitu seperi apa Backlik Berkualitas itu ? pertanyaan ini bergotong-royong cukup luas dan jujur saja saya juga tidak tahu niscaya apa jawabanannya, namun yang jelas, Backlink Berkaulitas yaitu Backlink yang berasalh dari situs berkarakter.
Jika dianya kembali wacana ibarat apa Situs Berkualitas itu ? maka jawabanannya sederhana saja, sebuah situs dikatakan berkarakter (berkarakter untuk ditanami backlink) kalau mempunyai PA / DA tinggi, mempunyai Niche yang sama dan mempunyai OBL yang rendah.
Pembahasan secara mendalam wacana BackLink sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, kalau tertarik Anda bisa membacanya disini BackLink Yang Baik Untuk Blog.
2. Mempromosikan Artikel di Media Sosial
Dalam SEO yaitu istilah Social Signal yang kalau diartikan secara bebas kurang lebih maknanya yaitu sinyal yang berasal dari Media Sosial.
Sinyal dari Media Sosial inilah yang (katanya) dipakai aneka macam mesin pencari (termasuk Google) untuk meranking suatu situs.
Makara sederspesialuntuk, semakin tinggi social signal yang dimiliki oleh blog maka semakin beasr pula peluang situs tersebut masuk ke halaman pertama Google.
Untuk mendapat Social Signal yang harus dilakukan yaitu mempromosikan / membagikan artikel Anda di media umum ibarat Facebook, Twitter atau Google Plus.
Namun juga tidak sesederhana itu juga, dimana akun media umum yang Anda buat juga harus mempunyai banyak mitra / pengikut, alasannya yaitu kalau tidak ada satupun mitra / follower, maka sia-sia saja Anda membagikan artikel tersebut.
3. Mensubmit Blog di Situs Article Directory
Situs article directory atau ada juga yang menyebutnya social bookmark ibarat LintasMe dan VIVAlog bisa menjadi solusi mudah untuk para pemilik blog gres yang menginginkan blognya cepat populer dan dikenal banyak orang.
melaluiataubersamaini cara SEO ibarat ini, bergotong-royong ada dua laba yang Anda dapat, yaitu Pengunjung dan Backlink. Backlink yang didapat 99% sudah niscaya berkarakter, alasannya yaitu berasal dari konten yang se-topik dan hampir tiruana situs social bookmark mempunyai authority tinggi.
Selain article directory, masih ada lagi situs Web Directory, jadi kita spesialuntuk perlu mensubmit link blog utama saja (bukan link artikel blog). Beberapa referensi Web Directory yang cukup populer yaitu :
- W3-Directory
- DMOZ
Kedua situs tersebut memang situs luar, namun tidak masalah, alasannya yaitu nanti ada kategori untuk memasukkan blog Anda dalam dafter Niche yang sama antar blog (hal ini akan memmenolong blog mendapat manfaat SEO yang sebenarnya).
Situs Pinger juga sebaiknya Anda pertimbangkan juga untuk digunakan, alasannya yaitu menurut aku, blog gres akan lebih cepat terindeks ketika kita melaksanakan Ping.
4. Mengadakan Kontes SEO
INI taktik SEO yang paling ampuh dan mudah dilakukan, namun sekaligus termasuk yang paling mahal diantara taktik SEO yang sudah saya jelaskan diatas.
Memuaskan atau tidaknya hasil yang didapat tergantung dari banyaknya penerima dan seberapa berkarakter backlink yang didiberikan oleh para penerima kontes SEO.
Ini ialah cara yang paling cepat untuk meningkatkan ranking SEO pada blog baru, tetapi tidak begitu saya anjurkan untuk blog yang fresh yang belum mempunyai banyak artikel, alasannya yaitu takutnya dianggap sebagai Unnatural Link oleh Google.
Kurang lebih ibarat itulah taktik SEO untuk meterbaikkan SEO Blog dan satu lagi sebaiknya Anda pertimbangkan pula untuk memakai Template Blog SEO Friendly.
Disini saya spesialuntuk menginformasikan saja dan sama sekali tidak memaksa Anda untuk memakai kesepuluh taktik SEO diatas, jadi silahkan tentukan sendiri apakah ingin mencobanya atau spesialuntuk sekedar membacanya saja, namun yang terang cara ini berhasil menghantarkan beberapa blog saya di halaman pertama Google.
Tag :
SEO Tips

 
0 Komentar untuk "10 Taktik Seo Untuk Blog Gres Yang Perlu Anda Tau"